Hot Potatoes - Gratis

Karena ada info terbaru (menurut saya) mengenai aplikasi ini maka saya mencoba menuliskan tentang aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini adalah alat untuk membuat berbagai macam kuis berbasis web. Pertama kali saya kenal dengan aplikasi ini ketika ada kegiatan pelatihan ICT untuk guru-guru SMA. Salah seorang guru dai SMAN 3 Malang, Bpk. Hariyanto memperkenalkan aplikasi ini kepada saya.. Oh, ya... selamat kepada Bpk. Hariyanto yang sejak tahun 2012 kemarin menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 6 Malang.


Kembali ke pembahasan aplikasi, nama aplikasi tersebut adalah Hot Potatoes... Kentang panas ini terasa lebih nikmat karena pada tahun 2012 telah diluncurkan versi gratis (freeware), pihak Hot Potatoes menyatakan dengan digratiskannya aplikasi ini maka pihaknya tidak lagi menyediakan dukungan teknis untuk penggunanya.

Aplikasi ini tersedia untuk Sistem Operasi Windows maupun Mac, khusus untuk Mac, Hot Potatoes menyediakannya dalam bentuk Java. Fitur yang disediakan di Hot Potatoes  misalnya:
  • JCloze, untuk membuat kuis berbentuk fill in the blank
  • JQuiz, untuk membuat kuis berbentuk multiple choice atau short answer quiz
  • JCross, untuk membuat kuis berbentuk crossword puzzle atau biasa dikenal dengan teka-teki silang
  • JMatch, untuk membuat kuis berbentuk matching exercise atau menjodohkan
  • JMix, untuk membuat kuis berbentuk jumbled-sentence exercises dimana anda diperkenankan membuat jawaban benar lebih dari satu.
  • Masher, fitur untuk meramu beberapa fitur kuis yang ada untuk kemudian dipublikasikan.
Dengan beberapa fitur yang ditawarkan oleh Hot Potatoes ini mungkin dapat menjadi alternatif bagi anda untuk mengembangkan materi pembelajaran atau obyek pembelajaran yang lebih menarik. Silahkan men-download aplikasinya disini

Comments

Popular posts from this blog

Wikispaces sebagai sarana berdiskusi dan berkolaborasi secara online

Mengelola Kerja Kelompok dengan Padlet

Digital Taksonomi Bloom