Lectora versi 11

lectora 11
Lectora, adalah salah satu aplikasi authoring yang sedang trend dikalangan pendidik, khususnya para peserta pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adalah guru dari SMAN 1 Depok, Sleman - DIY yang memperkenalkan pertama kalinya, Pak Parjanto. Beliau memperkenalkan Lectora versi 2005 (karena sudah beredar di internet versi cracknya he he he), namun beliau juga menyampaikan versi 2010 juga dapat digunakan secara optimal dikarenakan pihak Trivantis hanya membatasi dalam hal periode waktu, yaitu 30 hari. Yang kemudian dapat disiasati dengan penggunaan software untuk membekukan waktu, misalnya time stopper, run as date, dll. Untuk modul penggunaan Lectora 2010 dapat anda download disini.

PERHATIAN !!!
Jika ingin mendownload di ZIDDU harap uncheck opsi "download with ziddu accelerator and get recommended offers". Thanks to mas asis.


Nah, awal tahun 2013, Trivantis meluncurkan Lectora versi 11 yang digadang-gadang lebih kaya fitur dan lebih memudahkan penggunanya. Berikut ulasan beberapa keunggulan atau fitur baru dari Lectora versi 11:

Intuitive Interface.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk belajar bagaimana menggunakan aplikasi authoring anda. Dengan Lectora, semua yang Anda butuhkan adalah mudah untuk menemukan dan mudah digunakan.

Design Wizard

Dengan Jump-start course creation, anda dapat menyesuaikan template dan tema disain yang anda sukai. Pilih ukuran, style dan tema untuk mendisain framework sesuai pilihan anda dengan cepat.
 

Question Creator

Membuat soal dan kuis yang tersedia dengan berbagai tipe dan style pertanyaan termasuk drag-and-drop dan hotspot. Sesuaikan opsi umpan balik anda dan menelusuri aktivitas pengguna.


Slide-Out Media Library

 Klik ke sumber media, game, karakter, animasi dan galeri media online kami. Cukup tempatkan kursor anda pada tab Media Library untuk segera menelusuri semua multimedia anda dan sumber daya untuk drag-and-drop ke kursus anda.


PowerPoint Import

Apakah konten yang sudah dibuat di PowerPoint? Lectora dengan cepat dapat mengimpor file dan mengubah menjadi kursus e-Learning terlibat. Tambah navigasi kustom, tombol dan lebih memberikan pengguna pengalaman interaktif.

Actions & Variables

Temukan kemampuan Lectora. Gunakan Action dan Variabel sebagai blok untuk membuat fungsionalitas kustom dalam kursus Anda. Tab Action baru menyediakan, cara visual yang sederhana untuk membuat gambar, benda-benda dan hal lain dalam kursus Anda interaktif.

Publish your way.

Berbagi konten Anda hanya dengan sekali klik. Apakah itu untuk smartphone dan tablet atau LMS Anda, Lectora membuatnya mudah untuk menempatkan kursus Anda di tangan pengguna.

ReviewLink™

Mempublikasikan konten langsung dari Lectora ke sistem awan (cloud) untuk mempermudah tinjauan e-Learning anda. Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan umpan balik untuk kursus anda.

Tin Can API

Menelusuri dan merekam pengguna dengan SCORM generasi terbaru. Tin Can API memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan kursus Anda di mana saja - bahkan pada beberapa perangkat. Lectora juga membuatnya mudah untuk mempublikasikan ke AICC dan SCORM untuk LMS Anda, Flash dan HTML5 untuk web atau CD.

Social Media

Memungkinkan pembelajar untuk berbagi konten pada populer platform media sosial termasuk Facebook dan Twitter menggunakan tombol berbagi dan objek Lectora lainnya.

Ok, itu yang bisa saya share ke anda mengenai aplikasi authoring Lectora untuk mencoba trial 30 hari dari Lectora versi 11 silahkan download disitus resminya disini

Comments

Unknown said…
bagus artikelnya, bermanfaat terima kasih

Popular posts from this blog

Wikispaces sebagai sarana berdiskusi dan berkolaborasi secara online

Mengelola Kerja Kelompok dengan Padlet

Digital Taksonomi Bloom