Aplikasi Authoring -1

Akhirnya... setelah sekian lama berhibernasi, saya kembali mencoba menulis, hobi yang terpaksa harus disenangi disamping membaca :)... Apakah ini dikarenakan banyaknya berita heboh akhir-akhir ini, mulai dari intrik Partai Demokrat, Penyerbuan Lapas Cebongan sampai dengan Kasus bocornya Sprindik KPK.

OK, tidak usah berlama-lama mendongeng kita langsung saja. Kali ini tidak tahu darimana asalnya seharian tadi saya mencoba mencari informasi mengenai aplikasi authoring. Nah, dari hasil penerawangan mbah Google didapat informasi yang mungkin berguna untuk anda, berikut ulasannya:

Dalam pengembangan perangkat lunak pendidikan, sistem authoring adalah sebuah program yang memungkinkan seorang non-programmer untuk dengan mudah membuat aplikasi dengan fitur pemrograman. Fitur pemrograman yang dibangun tersembunyi di balik tombol dan alat-alat lain, sehingga penyusun (dalam hal ini pengguna) tidak perlu tahu bagaimana membuat program. Umumnya sistem authoring menyediakan banyak grafis, interaksi, dan alat-alat lain untuk kebutuhan sistem aplikasi. Aplikasi authoring pendidikan biasanya mencakup bahasa authoring, sebuah bahasa pemrograman yang dibangun (atau diperpanjang) dengan fungsi untuk mewakili sistem tutorial. Fungsionalitas yang ditawarkan oleh bahasa authoring yang kemungkinan adalah fungsi pemrograman untuk digunakan oleh programmer atau khusus ditujukan untuk para ahli.

Sebuah aplikasi authoring adalah paket perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang aplikasi untuk membuat dan mengemas konten agar dapat digunakan oleh pengguna. Aplikasi authoring memiliki berbagai kegunaan, umumnya digunakan untuk membuat modul-modul e-learning. Modul ini umumnya dibuat agar sesuai dengan beberapa standar internasional, seperti SCORM (Shareable Content Object Reference Model) atau AICC (CBT) (Aviation Industry CBT Committee). Distribusi konten yang dibuat dengan alat authoring juga bervariasi. Metode distribusi meliputi: web, kios, CD-ROM interaktif, dan file. Sejak dikembangkannya aplikasi yang bersifat umum (multifungsi atau memiliki fitur-fitur yang dapat dimaksimalkan), maka banyak program dapat dianggap aplikasi authoring, termasuk Flash dan PowerPoint. Namun, hanya sekelompok kecil aplikasi khusus yang mendukung konten standar dari e-learning, termasuk Dictera, Easygenerator, Elicitus, e2train, Composica, Macromedia (Adobe) Authorware, Power X Editor 4, Direktur, Mohive, Lectora, Komposer FX , EasyAuthoring (Metamorphosis), Suite iSpring dan MyCAT.

(disadur dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Authoring_system)

Apa dan bagaimana cara penggunaan aplikasi authoring menurut pengalaman saya, silahkan simak posting berikutnya

Comments

Popular posts from this blog

Wikispaces sebagai sarana berdiskusi dan berkolaborasi secara online

Mengelola Kerja Kelompok dengan Padlet

Digital Taksonomi Bloom